Generic Strategies by Porter
Merupaka Strategi-strategi yang dilakukan Hypermart untuk memenangkan bisnisnya secara intensif,meliputi :
1.
Cost Leadership
Strategi
biaya rendah dalam rangka memimpin pasar menggunakan persaingan harga.
Dengan tag-line
nya yang berbunyi “Low price and more...” Hypermart mengutamakan harga bersaing
yang rendah dibandingkan perusahaan-perusahaan retail pesaingnya. Melalui sebuah
artikel yang tersebar di Internet meng-klaim bahwa Hypermart bersedia memberi
cashback 2 (dua) kali lipat dari selisih harga jika di dapati konsumen yang
dapat menemukan suatu produk yang lebih murah dari Hypermart. Namun konsep ini
tidak begitu efektif melainkan menjadi salah satu trik marketing Hypermart
untuk menggaet konsumen karena pada kenyataannya konsumen tidak begitu perduli
pada saat berbelanja.
2.
Differentiation
Strategi pengembangan produk sehingga produk yang
dihasilkan memiliki value lebih bagi konsumen.
Dalam hal perusahaan retail,Strategi ini
diarahkan pada tempat atau lokasi maupun bentuk dari toko fisik perusahaan. Hypermart
memilih lokasi-lokasi yang cukup strategis yang telah tersebar luas di
Indonesia. Sudah terdapat 71 (tujuh puluh satu) cabang tersebar di Indonesia.
Dan tiap masing-masing cabang berada di pusat kota dan pemukiman yang
memungkinkan konsumen membutuhkan untuk berbelanja. Selain lokasi,Hypermart
juga mengutamakan kenyamanan berbelanja konsumen. Toko dibuat senyaman dan
dengan penataan ruang dan barang-barang yang rapih membuat konsumen akan betah
berbelanja,sehingga kemungkinan berbelanja banyak pasti ada. Dari strategi
deferensiasi,Hypermart unggul menjadi toko retail yang nyaman bagi kosumennya.
Selain itu, kelengkapan produk yang ditawarkan juga tak kalah lengkapnya dengan
pesaing-pesaingnya.
3.
Focus
Memfokuskan segmentasi pasar sehingga memperoleh
kepuasan pelanggan yang optimal.
Kegiatan pemasaraan yang saat ini dilakukan
Hypermart meliputi :
1.
Free delivery service untuk pembelian elektronik diatas
nominal 2,5jt
2.
Kemudahan belanja online melalui website dan pickup
order di hypermart terdekat
3.
Katalog produk digital maupun brosur yang diedarkan
gratis
4.
Direct Discount
5.
Bonus buys (Berbelanja dengan bonus belanja gratis)
6.
Dazzler (dengan membeli barang lebih dari 1 akan
semakin murah)
7.
Lucky Draw (hadiah langsung setiap berbelanja)
8.
Strong Installment ( memberi harga lebih murah dengan
berbelanja memakai kartu kredit)
9.
Penukaran Point member
10. Pengumpulan
stamp untuk Loyal Customer
11. Anual
event yang diadakan untuk menerlibatkan konsumen (contohnya : Fun walk, Peduli
amal,dll)
Dari ke-11 kegiatan pemasaran yang Hypermart
lakukan,terlihat tidak begitu berbeda dengan perusahaan-perusahaan retail
pesaingnya,namun dari masing-masing aspek memiliki nilai lebih yang
menguntukngkan perusahaan.
source : http://ekonomi.kompasiana.com/marketing/2012/02/02/strategi-generik-porter-yang-terlupakan-435687.html
digilib.itb.ac.id

