Generic Strategies by Porter




Merupaka Strategi-strategi yang dilakukan Hypermart untuk memenangkan bisnisnya secara intensif,meliputi :
1.      Cost Leadership
Strategi biaya rendah dalam rangka memimpin pasar menggunakan persaingan harga.
Dengan tag-line nya yang berbunyi “Low price and more...” Hypermart mengutamakan harga bersaing yang rendah dibandingkan perusahaan-perusahaan retail pesaingnya. Melalui sebuah artikel yang tersebar di Internet meng-klaim bahwa Hypermart bersedia memberi cashback 2 (dua) kali lipat dari selisih harga jika di dapati konsumen yang dapat menemukan suatu produk yang lebih murah dari Hypermart. Namun konsep ini tidak begitu efektif melainkan menjadi salah satu trik marketing Hypermart untuk menggaet konsumen karena pada kenyataannya konsumen tidak begitu perduli pada saat berbelanja.
2.      Differentiation
Strategi pengembangan produk sehingga produk yang dihasilkan memiliki value lebih bagi konsumen.
Dalam hal perusahaan retail,Strategi ini diarahkan pada tempat atau lokasi maupun bentuk dari toko fisik perusahaan. Hypermart memilih lokasi-lokasi yang cukup strategis yang telah tersebar luas di Indonesia. Sudah terdapat 71 (tujuh puluh satu) cabang tersebar di Indonesia. Dan tiap masing-masing cabang berada di pusat kota dan pemukiman yang memungkinkan konsumen membutuhkan untuk berbelanja. Selain lokasi,Hypermart juga mengutamakan kenyamanan berbelanja konsumen. Toko dibuat senyaman dan dengan penataan ruang dan barang-barang yang rapih membuat konsumen akan betah berbelanja,sehingga kemungkinan berbelanja banyak pasti ada. Dari strategi deferensiasi,Hypermart unggul menjadi toko retail yang nyaman bagi kosumennya. Selain itu, kelengkapan produk yang ditawarkan juga tak kalah lengkapnya dengan pesaing-pesaingnya.
3.      Focus
Memfokuskan segmentasi pasar sehingga memperoleh kepuasan pelanggan yang optimal.
Kegiatan pemasaraan yang saat ini dilakukan Hypermart meliputi :
1.      Free delivery service untuk pembelian elektronik diatas nominal 2,5jt
2.      Kemudahan belanja online melalui website dan pickup order di hypermart terdekat
3.      Katalog produk digital maupun brosur yang diedarkan gratis
4.      Direct Discount
5.      Bonus buys (Berbelanja dengan bonus belanja gratis)
6.      Dazzler (dengan membeli barang lebih dari 1 akan semakin murah)
7.      Lucky Draw (hadiah langsung setiap berbelanja)
8.      Strong Installment ( memberi harga lebih murah dengan berbelanja memakai kartu kredit)
9.      Penukaran Point member
10.  Pengumpulan stamp untuk Loyal Customer
11.  Anual event yang diadakan untuk menerlibatkan konsumen (contohnya : Fun walk, Peduli amal,dll)
Dari ke-11 kegiatan pemasaran yang Hypermart lakukan,terlihat tidak begitu berbeda dengan perusahaan-perusahaan retail pesaingnya,namun dari masing-masing aspek memiliki nilai lebih yang menguntukngkan perusahaan.


source : http://ekonomi.kompasiana.com/marketing/2012/02/02/strategi-generik-porter-yang-terlupakan-435687.html
digilib.itb.ac.id