Analisis Porter’s 5 Force dalam Bisnis Hypermart





Hypermart adalah implementasi inovasi dari PT. Matahari Putra Prima Tbk(supermarket matahari) yang mengembangkan konsep  belanja dengan koleksi barang yang jauh lebih lengkap. Pada perkembangannya Hypermart merupakan  jaringan hipermarket yang memiliki banyak cabang di Indonesia. Selain department store yang menjual produk sandang seperti makanan, Hypermart juga memiliki supermarket atau pasar swalayan yang menjual kebutuhan sandang, barang kebutuhan hidup dan sehari-hari. Juga peralatan elektronik, olahraga, ATK, dll.
Analisis ini menggunakan lima faktor utama untuk menganalisis industri ritel dalam hal ini Hypermart  yang terdiri atas:
·         bargaining power of buyers,
·         bargaining power of suppliers,
·         threat of new entrants,
·         threat of new substitute products
·         rivalry among firms.
Kelima faktor tersebut dimaksudkan untuk menilai intensitas persaingan, potensi laba atau  profitabilitas industri, dan untuk menilai menarik atau tidaknya suatu industri  (degree of attractiveness).