Analisis Porter’s 5 Force dalam Bisnis Hypermart
Hypermart adalah implementasi inovasi dari PT. Matahari Putra Prima Tbk(supermarket matahari) yang mengembangkan konsep belanja dengan koleksi barang yang jauh lebih lengkap. Pada perkembangannya Hypermart merupakan jaringan hipermarket yang memiliki banyak cabang di Indonesia. Selain department store yang menjual produk sandang seperti makanan, Hypermart juga memiliki supermarket atau pasar swalayan yang menjual kebutuhan sandang, barang kebutuhan hidup dan sehari-hari. Juga peralatan elektronik, olahraga, ATK, dll.
Analisis ini menggunakan lima faktor
utama untuk menganalisis industri ritel dalam hal ini Hypermart yang terdiri atas:
·
bargaining power of buyers,
·
bargaining power of suppliers,
·
threat of new entrants,
·
threat of new substitute products
·
rivalry among firms.
Kelima faktor tersebut dimaksudkan untuk
menilai intensitas persaingan, potensi laba atau profitabilitas industri, dan untuk menilai
menarik atau tidaknya suatu industri (degree
of attractiveness).

